Pada kesempatan kali ini kami akan membahas
tentang bidang animasi 2 dimensi, dalam tutorial ini saya akan memberikan
tutorial tentang bagaimana cara membuat animasi kupu- kupu terbang menggunakan
software Macromeodia Flash. Software ini kami rasa cukup sederhana untuk
digunakan dan mudah untuk dipelajari bagi orang awam, dan software yang kami
gunakan adalah Macromedia Flash 8.
Baiklah tanpa basa- basi lagi kami akan memberikan cara- cara
dalam membuat animasi kupu- kupu terbang.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Pertama, buka dulu software Macromedia Flash 8. Dan untuk memudahkan kita,kita pakai saja pengaturan langsung secara otomatis. Akan tetapi anda dapat merubah pengaturannya sesuai keinginan.
2. Lalu kita dapat membuat gambar kupu- kupunya langsung dalam Macromedia Flash 8 tersebut ataupun dengan meng-import gambar. Nah kali ini kami akan menggunakan cara kedua ,karena kami anggap lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu. Caranya yaitu kita klik menu File > Import > Import to Library, seperti gambar dibawah ini.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Pertama, buka dulu software Macromedia Flash 8. Dan untuk memudahkan kita,kita pakai saja pengaturan langsung secara otomatis. Akan tetapi anda dapat merubah pengaturannya sesuai keinginan.
2. Lalu kita dapat membuat gambar kupu- kupunya langsung dalam Macromedia Flash 8 tersebut ataupun dengan meng-import gambar. Nah kali ini kami akan menggunakan cara kedua ,karena kami anggap lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu. Caranya yaitu kita klik menu File > Import > Import to Library, seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu pilih gambar sesuai kengginan dalam komputer kita.
3. Lalu kita drag ( klik kiri jangan dilepas dan geser sampai
layar kerja kita) gambar kupu- kupu dari library kita, seperti gambar berikut.
Dan kita atur ukuran gambarnya sesuai kengingginan kita dengan
menggunakan Free Transform Tool atau kita klik gambar + tombol Q.
4. Lalu kita ubah gambar kupu- kupu kita kedalam bentuk Graphic,
yaitu dengan cara klik menu Modify > Convert to Symbol atau dengan cara
tekan tombol F8 pada keyboard.
5. Lalu kita pilih
Graphic dan kita beri nama sesuai keingginan, misalnya kita beri nama kupu-kupu
pada kolom namanya lalu kita klik OK.
6. Selanjutnya kita
double clik ( klik dua kali cepat) pada objek kupu- kupu kita. Dan kita akan
membuat gerakan kupu- kupu itu seolah mengepakkan sayapnya, yaitu dengan cara
kita klik pada frame 2 dan kita klik kanan > pilih Insert Keyframe atau kita
pencet tombol F6 pada keyboard.
7. Setelah kita beri
keyframe kita ubah saja ukurannya dengan free transform tool untuk membuat
kupu- kupu itu seolah- olah mengepakkan sayapnya, tetapi kita hanya merubah
ukuran width atau menyamping saja seperti contoh berikut :
8. Setelah itu kita
kembali kedalam Scene 1 untuk kembali ke lembar kerja awal untuk membuat jalur
yang akan digunakan nantinya, caranya kita klik saja tulisan Scene 1 pada layar
bagian atas.
9. Tahap berikutnya kita akan membuat jalur bagi kupu- kupu kita
dengan cara menambahkan Motion Guide dengan meng-klik Add Motion Guide.
10. Lalu kita klik
frame 1 pada Guide: Layer 1 dan membuat jalur sesuai keinginan kita dengan
pencil tool pada daftar tool yang tersedia pada pojok kiri seperti contoh
berikut ini :
11. Selanjutnya kita akan membuat kupu- kupu itu bergerak
mengikuti jalur yang telah kita buat seperti diatas, yaitu dengan cara kita
tempelkan lingkaran putih pada pusat gambar/ objek pada awal garis dan kita
arahkan kupu- kupu tersebut depan lintasannya, contohnya sebagai berikut :
12. Kemudian kita
buat lagi keyframe pada layer 1 dan insert freme pada frame sesuka kita di
Guide: Layer 1 (semakin tinggi frame yang kita letakkan akan semakin lama
durasi yang kita berikan ), pada contoh ini kami mengambil frame 140, dan
arahkan kupu- kupu kita ke arah akhir jalur dan kita tempelkan pusat objek
dengan jalur kita, seperti contoh berikut :
13. Lalu kita berikan
Motion Tween pada kupu- kupu di Layer 1 dengan cara klik pada frame diantara 1
– 140 ( frame yang kita gunakan ) lalu klik kanan > pilih Create Motion
Tween.
14. Lalu tahap terakhir
kita akan memperhalus gerakan kupu- kupu itu dengan menggunakan Orient to path
dengan cara klik bagian tengah Motion Tween dan pilih Orient to path pada kotak
dialog Properties seperti gambar:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar